Gubernur Kalbar Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Gubernur Kalbar Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla
Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Foto: Rendra Oxtora - Antara

jpnn.com, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menetapkan status siaga darurat karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

Penetapan status itu dilakukan karena makin banyak karhutla yang terjadi di Kalbar.

Sutarmidji mengatakan penetapan status siaga karhutla sudah bisa dilakukan.

Pasalnya, sudah ada dua kabupaten yakni Sanggau dan Ketapang, yang sudah menetapkan status siaga karhutla.

"Sebelumnya sudah ada dua kabupaten yaitu Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang yang menetapkan status siaga karhutla dan menyusul beberapa daerah lain, sehingga saat ini Kalbar sudah bisa menetapkan status siaga karhutla," ungkap Sutarmidji usai menghadiri rakor terkait pencegahan karhutla di Pontianak, Kamis (25/2).

Sutarmidji juga meminta daerah-daerah lain di Kalbar segera menetapkan siaga karhutla dan kabut asap. "Saya sudah meminta kabupaten/kota untuk segera menetapkan siaga darurat kabut asap, " katanya.

Dia mengatakan apabila daerah yang tidak menetapkan status siaga lalu kemudian terjadi karhutla maka akan diberikan sanksi.

"Akan kami biarkan mengurus daerahnya sendiri atau kami berikan sanksi. Sanksi itu misalnya menunda transfer dana hasil pajak daerah," paparnya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta kabupaten/kota di provinsinya menetapkan siaga darurat kabut asap. Bila daerah tidak menetapkan kemudian terjadi karhutla maka akan diberikan sanksi tegas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News