Gunung Agung Siaga, AirNav Siapkan Contigency Plan

Gunung Agung Siaga, AirNav Siapkan Contigency Plan
Para petugas AirNav Denpasar Bali tengah sibuk memantau alur lalu lintas penerbangan. Foto AirNav for JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Airnav Indonesia telah menyiapkan rencana kontigensi (contigency plan) untuk mengantisipasi jika Gunung Agung mengalami erupsi dan berdampak terhadap aktivitas penerbangan.

Hal ini dilakukan seiring meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas) mulai Jumat (22/9) kemarin.

"Sejak pertama kali PVNBG menaikkan status Gunung Agung, AirNav Indonesia langsung siaga untuk melakukan monitoring secara penuh dan ketat," ujar Sekretaris Perusahaan Airnav Indonesia Didiet KS Radityo melalui siaran persnya, Sabtu (23/9).

Selanjutnya AirNav langsung intensitas berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, baik dengan PVMBG, BMKG, maupun instansi terkait lainnya, termasuk menyiapkan alternatif-alternatif penanganan navigas lalu lintas penerbangan jika erupsi terjadi dan penerbangan dari dan menuju Bali terganggu.

Sesuai informasi, hingga Sabtu pagi WITA, sebaran debu vulkanik belum terdeteksi. Dengan demikian, kondisi yang terjadi pada Gunung Agung belum memengaruhi operasional penerbangan.

Didiet menambahkan, simulasi dan perencanaan pelayanan lalu lintas penerbangan terkait erupsi Gunung Agung telah dilaksanakan, Jumat (22/9), dengan melibatkan seluruh pusat pegendalian operasional Airnav Indonesia maupun instansi penerbangan internasional.(chi/jpnn)


Sejak pertama kali PVNBG menaikkan status Gunung Agung, AirNav Indonesia langsung siaga untuk melakukan monitoring secara penuh dan ketat,


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News