Gunung Karangetang Terus Aktif

Proses Evakuasi Warga Terhambat

Gunung Karangetang Terus Aktif
Gunung Karangetang Terus Aktif
ONDONG - Penderitaan warga kampung Kinali dan sekitarnya di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara masih berlanjut. Upaya tim penangulangan bencana alam Pemkab Sitaro yang menangani masalah bencana alam akibat semburan lava panas gunung api Karangetang, terhambat cuaca buruk yang melanda Pulau Siau.

Seperti diberitakan Manado Post (grup JPNN), hingga Sabtu (7/8) kemarin, curah hujan yang deras terus mengguyur kampung Kinali, lokasi pusat bencana, dan sebagian kampung lainnya di pulau Siau. Buruknya cuaca tersebut membuat upaya tim penanggulangan dari dinas PU Sitaro dalam melakukan pembukaan jalur jalan yang putus dan mengangkat tumpukan material otomatis terhambat.

Alhasil, akses jalan yang putus di desa Kinali belum bisa ditangani. Malah akses jalan dari Lehi menuju Kinali Hiung, Kiawang, Kawahang, Batubulan normal sebagaimana mestinya. Situasi kampung Kinali dan kampung lainnya masih terisolasi karena pembukaan jalan alternatif belum bisa dilakukan.

Kadis PU Pemkab Sitaro, Eduard Posumah, mengaku bahwa pihaknya untuk sementara ini belum bisa melakukan aktivitas di lokasi bencana. Sebab, ada larangan dari petugas pemantau gunung api Karangetang untuk tidak melakukan aktivitas dalam waktu dekat ini. Makanya, pengerukan material ataupun pembukaan jalan belum bisa dilakukan tim Pemkab Sitaro.

ONDONG - Penderitaan warga kampung Kinali dan sekitarnya di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara masih berlanjut. Upaya tim penangulangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News