Gunung Lokon Meletus Lagi

Gunung Lokon Meletus Lagi
Gunung Lokon Meletus Lagi
JAKARTA - Aktifitas Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara, Selasa (1/5) pukul 11.55 WITA kembali meletus. Letusan itu menimbulkan gumpalan asap berwarna hitam dan tebal yang tingginya mencapai 2.500 meter.

"Letusannya lebih besar daripada letusan pada Rabu, (25/4) yang lalu," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (1/5) siang.

Sebelumnya telah terjadi peningkatan aktivitas Gunung Lokon yang ditandai dengan meningkatnya gempan vulkanik dangkal dan vulkanik antara 2-3 gempa dalam 2 menit. Melihat kondisi terkini Gunung Lokon, BNPB telah mengeluarkan rekomendasi agar tidak ada aktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah Tompaluan.

Sebelumnya pukul 11.10 Wib, Kepala BNPB, Syamsul Maarif, juga telah menerima laporan dari Kepala PVMBG Badan Geologi mengenai meletusnya Gunung Lokon tersebut. "Kepala BNPB telah menginstruksikan  Kepala BPBD Sulawesi Utara untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana dari letusan Gunung Lokon, kemudian menyiapkan tempat-tempat pengungsian yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu masyarakat harus mengungsi," jelas Sutopo.

JAKARTA - Aktifitas Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara, Selasa (1/5) pukul 11.55 WITA kembali meletus. Letusan itu menimbulkan gumpalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News