Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu hingga 7.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu hingga 7.000 Meter
Gunung Sinabung mengalami erupsi lagi pada hari ini, Minggu (9/6/2019) sore. Foto: pojoksatu/jpg

jpnn.com, KARO - Gunung Sinabung yang berada di Kabupataen Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi pada hari ini, Minggu (9/6/2019) sekira pukul 16.28 WIB.

Kali ini, tinggi kolom abu teramati sekira 7.000 meter di atas puncak (± 9.460 m di atas permukaan laut).

Dilansir akun resmi KESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 9 menit 17 detik.

Baca: Innalillahi, Ayah Dewi Perssik Meninggal Dunia

Selain itu, terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Gunung Sinabung

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen menjelaskan, saat ini pukul 17.59 WIB, kondisi sudah agak tenang. “Saat ini sudah agak tenang, tapi semburan abunya masih berlangsung,” ujarnya saat dihubungi.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga).

Dengan ini, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 KM dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 KM untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 KM untuk sektor Timur-Utara.

Gunung Sinabung yang berada di Kabupataen Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi pada hari ini, Minggu (9/6/2019) sekira pukul 16.28 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News