Rabu, 14 November 2018 – 11:49 WIB

Guru Madrasah Bentuk PGMI

Sabtu, 08 Desember 2012 – 10:09 WIB
Guru Madrasah Bentuk PGMI - JPNN.COM

CILACAP-Guru madrasah dibawah naungan Kementrian Agama berencana untuk membentuk organisasi profesi tersendiri tergabung dalam wadah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI). Organisasi ini akan tetap berada di bawah naungan kementrian agama RI.

Keputusan ini merupakan salah satu hasil Rembug Nasional Guru Madrasah (RNGM) yang diikuti oleh guru madrasah se-Indonesia di Makasar pada 30 November hingga 3 Desember 2012 lalu.

"Salah satu kesepakatan peserta rembug adalah membentuk organisasi profesi guru madrasah," ujar Mahmudin, salah satu utusan dari Kabupaten Cilacap yang mengikuti kegiatan ini. Melalui pernyataan pers yang diterima Radarmas, Mahmudin mengatakan,  keputusan ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan Musyawarah Nasional Guru Madrasah (MNGM). Tujuannya untuk merumuskan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dan juga program kerja PGMI.

Untuk mewujudkannya,  seluruh peserta juga sepakat untuk membentuk pengurus didaerah masing-masing. "Peserta rembug nasional akan langsung menjadi pengurus," katanya. Rekomendasi lain dari RNGM adalah menyusun kode etik guru madrasah untuk mendorong peningkatan mutu pengajar.

Ini sejalan dengan rencana perubahan kurikulum pada 2013 dimana ada sejumlah pengurangan dan penambahan mata pelajaran tertentu untuk satuan tingkat pendidikan. Dia menambahkan, RGNM  merupakan yang ketiga,  sebelumnya sudah digelar di Bandung dan Malang. "Kegiatan tahap ke3 ini menjadi puncak acara RNGM sepanjang 2012. Seluruh hasilnya akan menjadi rekomendasi bagi Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI," tandasnya. (har)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar