Guru Menumpuk di Kota

Kemendiknas Lakukan Redistribusi

Guru Menumpuk di Kota
Guru Menumpuk di Kota
JAKARTA - Penyebaran guru tidak merata. Guru-guru di desa terus berkurang. Distribusi guru malah menumpuk di perkotaan. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengakui bahwa guru di perkotaan sudah lebih 35 persen. Di pedesaan masih kekurangan guru sekitar 65 persen.

"Distribusi guru ini memang masih menjadi masalah. Kami sudah berbicara dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. Ke depan, distribusi ini harapannya bisa lebih merata," kata Nuh, di Jakarta, Kamis (21/10).

Nuh berjanji akan melakukan redistribusi guru agar kekurangan tenaga pendidik di pedesaan bisa diatasi. Salah satu yang akan dilakukan ialah redistribusi dalam lingkup satu provinsi atau antarprovinsi. Redistribusi guru yang masih dalam lingkup satu provinsi akan menjadi kewengan pemerintah provinsi, sementara redistribusi antar provinsi akan diurus oleh pemerintah pusat atau menjadi kebijakan nasional.

Selain itu, lanjut Mendiknas, redistribusi guru daerah juga turut berlaku bagi distribusi guru antara sekolah negeri dan sekolah swasta. Apabila guru sekolah negeri berlimpah, sedangkan di sekolah swasta kekurangan, guru sekolah negeri bisa diperbantukan di sekolah swasta.

JAKARTA - Penyebaran guru tidak merata. Guru-guru di desa terus berkurang. Distribusi guru malah menumpuk di perkotaan. Menteri Pendidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News