Guru Minta Dilibatkan Susun Kurikulum

Guru Minta Dilibatkan Susun Kurikulum
Guru Minta Dilibatkan Susun Kurikulum
JAKARTA - Ketua Ikatan Guru Civic Indonesia (IGCI), Retno Listiyarti meminta kepada Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) agar para guru dilibatkan dalam penyusunan kurikulum, terutama untuk pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Hal ini disebabkan karena saat ini  banyak sekali pendapat atau penilaian  dari masyarakat yang salah mengenai PKn. Misalnya masyarakat berpendapat bahwa materi PKn sekarang tidak mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

"Hal ini jelas keliru. Sebenarnya ada. Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah ataupun birokrat pendidikan untuk selalu melibatkan guru dalam pembuatan kebijakan yang terkait dengan masalah pendidikan apalagi mengenai kurikulum," lanjut Retno di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (14/6).

Senada dengan Retno, Guru SMA Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Heri Herdiwanto juga mengungkapkan bahwa  guru sebenarnya  memiliki peran yang sangat strategis dalam setiap proses pembelajaran. Kata dia, hal ini dapat diartikan bahwa guru memiliki peran penting dalam proses penanaman nilai-nilai yang akhirnya mendukung ke arah pembentukan karakter positif.

Meskipun UU Guru dan Dosen memiliki semangat otonomi, terang Heri,  namun harus diakui bahwa saat ini masih banyak guru yang terkekang dengan target kurikulum yang lebih menekankan pada proses transfer pengetahuan semata.  Hal ini harus menjadi keprihatinan semua elemen bangsa, karena jika kondisi ini terus berlanjut maka akan sulit mewujudkan hakikat dari tujuan pendidikan yang diantaranya adalah memanusiakan manusia, mencerahkan, membebaskan dan mewujudkan keadilan. "Jadi merubah mind set guru juga merupakan tantangan dan persoalan sendiri dalam menanamkan karakter positif pada peserta didik," tambah Heri.

JAKARTA - Ketua Ikatan Guru Civic Indonesia (IGCI), Retno Listiyarti meminta kepada Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) agar para guru dilibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News