Gus Halim Dorong BUMDes Kreatif Kembangkan Usaha

Gus Halim Dorong BUMDes Kreatif Kembangkan Usaha
Menteri Abdul Halim Iskandar saat meninjau peternakan sapi di Lampung Selatan, Rabu (8/9). Foto: Antara

jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk kreatif dalam mengembangkan usahanya.

Harapan itu disampaikan saat mengunjungi sejumlah peternakan di Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (8/9).

Salah satu peternakan yang dikunjungi yakni peternakan sapi di Desa Wawasan.

Peternakan sapi ini dikelola oleh Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera berupa usaha pembiakan sapi dengan skema bagi hasil, pengadaan dan perdagangan sapi, produksi dan penjualan pakan, pinjaman sapi dan penjualan produk limbah ternak.

"Ini bisa jadi contoh bagi BUMDes yang ingin mengelola peternakan sapi. Di sini dari mulai usaha pembibitan sapi, produksi olahan sapi hingga wisata edukasi sapi," kata Gus Halim, sapaan Abdul Halim Iskandar.

Gus Halim menyebutkan terdapat BUMDes yang sukses mengembangkan peternakan sapi di Bengkulu yakni BUMDes Tunas Jaya di Kabupaten Kepahiang.

Dalam mengembangkan ternak sapi, Tunas Jaya telah sukses meningkatkan jumlah sapi hingga 15 ekor hingga usahanya perlu dikembangkan lagi seperti penggemukan ataupun jadi kawasan agrowisata.

"Nah pengembangan usaha ini perlu segera dilakukan dan disiapkan pola pendampingannya," katanya

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meninjau sejumlah peternakan sapi di Lampung Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News