Gus Yusuf: Wajar jika PKB Dijatah 5 Kursi Menteri

Gus Yusuf: Wajar jika PKB Dijatah 5 Kursi Menteri
Presiden Jokowi bersama KH Ma'ruf Amin di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis malam (27/6). Foto: Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan

jpnn.com, SEMARANG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa sangat wajar jika nantinya mendapat jatah lima kursi menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ketua DPP PKB Bidang Pendidikan dan Pesantren, KH M Yusuf Chudlori mengatakan, partainya mulai menyiapkan kader-kader terbaiknya untuk posisi menteri.

"PKB selalu siap untuk diajak bicara tentang komposisi kabinet dan menyiapkan kader terbaiknya untuk duduk di kursi menteri," kata KH M Yusuf Chudlori, saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Minggu (13/10).

Gus Yusuf, panggilan akrabnya, mengatakan penyiapan nama-nama calon menteri itu wajar karena PKB adalah partai pengusung pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Bahkan, lanjut Gus Yusuf, PKB menjadi faktor penentu kemenangan pasangan Capres Jokowi-Amin, khususnya di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dalam koalisi itu, PKB tidak hanya sebatas pengusung, tapi sangat terasa struktur dan caleg-caleg PKB bergerak masif untuk memenangkan pasangan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," ujarnya.

PKB juga menjadi salah satu faktor penentu kemenangan pasangan Capres Jokowi-Amin melalui kerja keras jaringan perempuan Nahdlatul Ulama yang dikonsolidasi Wakil Ketua Umum PKB Ida Fauziyah yang diakui oleh para pengamat politik dengan membandingkan hasil Pilgub Jateng 2018.

Lebih lanjut Gus Yusuf menyebut peran PKB dalam menangkal isu-isu negatif bagi pasangan Capres Jokowi-Amin pada Pilpres yang lalu dengan membuka lebar ruang ke pondok-pondok pesantren.

Gus Yusuf mengatakan PKB menyiapkan kader-kadernya yang akan menjadi calon menteri di Kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News