H-6 Angkutan Lebaran, Belum Ada Peningkatan Signifikan Jumlah Pemudik

H-6 Angkutan Lebaran, Belum Ada Peningkatan Signifikan Jumlah Pemudik
Persiapan jelang arus mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo menyebut pada H-6 atau Senin (19/6) masa Angkutan Lebaran 2017, belum ada peningkatan signifikan jumlah pemudik.

Hal ini disampaikan Satrio saat melakukan video conference dengan sejumlah petugas di lapangan yaitu di Pelabuhan Merak, Bandara Ngurah Rai, Nagreg Jawa Barat, Pintu Tol Cikarang Utama, Pelabuhan Batam di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2017.

“Sampai hari ini belum ada peningkatan yang berarti dan situasi sekarang masih bisa di-handle oleh teman-teman di lapangan,” jelas Satrio.

Petugas-petugas di lapangan dipastikan sudah siap bila terjadi lonjakan penumpang. Posko kesehatan serta fasilitas umum lainnya untuk pemudik juga sudah disiapkan.

Dia menjelaskan, untuk pemudik ke arah Jawa Tengah, jalur utara dan jalur selatan sudah baik serta jalan-jalan alternatif juga sudah siap sehingga tidak perlu memakai jalur tol semua. Dengan begitu, Satrio berharap konsentrasi kepadatan di jalan akan terpecah.

Untuk para pemudik, dia mengimbau agar menggunakan angkutan umum yang sudah disediakan.

“Karena ini perjalanan panjang yang melelahkan, lebih baik manfaatkan angkutan umum yang sudah ada dan hindari memakai kendaraan pribadi namun apabila harus memakai kendaraan pribadi, kendaraan harus diperiksa dengan baik,” kata Satrio.

Khusus untuk pemudik sepeda motor, dia berpesan agar jangan membonceng lebih dari satu orang, jangan memaksakan diri untuk mengemudi, patuhi aturan, dan ikuti petunjuk dari petugas.(chi/jpnn)


Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo menyebut pada H-6 atau Senin (19/6) masa Angkutan Lebaran 2017, belum ada peningkatan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News