Hadapi Persaingan Global, Tingkatkan Kualitas Alumni

Hadapi Persaingan Global, Tingkatkan Kualitas Alumni
Hadapi Persaingan Global, Tingkatkan Kualitas Alumni

jpnn.com - JAKARTA - Rektor Universitas Trisakti (Usakti), Thoby Muthis mengatakan perubahan di berbagai sektor semakin cepat dalam era globalisasi sekarang ini. Perubahan ini juga berimbas pada persaingan di dunia kerja sehingga menuntut alumni dari universitas untuk terus berkompetisi mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Makanya, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan dalam memenangi persaingan di dunia kerja, perlu dibarengi dengan kurikulum, bahan ajar, mahasiswa, dosen, sarana-prasarana dan kualitas proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, serta pengelolaan melalui pendekatan penjaminan mutu untuk mencapai efisiensi dan efektifitas internal maupun eksternal.

Pernyataan Thoby disampaikan dalam acara puncak peringatan Dies Natalis Ke-48 Usakti yang bertemakan "Green Development berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup", di Kampus Usakti, Grogol, Jakarta, Jum’at (29/11).

“Peningkatan mutu mahasiswa pun dilaksanakan melalui peningkatan mutu proses rekrutmen mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan keketatan persaingan yaitu rasio antara jumlah peminat dan jumlah diterima. Dengan meningkatnya rasio keketatan diharapkan kualitas mahasiswa baru juga meningkat,” kata Thoby dalam keterangan persnya, Minggu (1/12).

Dalam acara yang dihadiri oleh Jajaran Senat Usakti, Majelis Guru Besar Usakti, Dekan, Dosen, Ketua Program Studi, Direktur Lembaga Usakti, Para Pejabat Struktural dan Fungsional lainnya, dan Ikatan Alumni Usakti serta turut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi ini,
Thoby mengungkapkan komitmennya yang kuat dan konsisten untuk terus memperbaiki diri dalam mewujudkan Visi dan melaksanakan Misi Usakti  untuk menjadi Universitas terkemuka, bermutu internasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Acara Dies Natalis ke 48 Usakti juga akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti Karnaval budaya, Sendratari, olah raga Sepeda Sehat, Lomba Masak, Lomba Band Mahasiswa, Lomba Goyang Caesar dan lain-lain yang akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 8 Desember 2013 dan ditutup dengan Sendratari Pawiyatan Agung pada tanggal 26 Januari 2014 di Taman Mini Indonesia Indah

Sementara itu Wakil Rektor III Usakti, Komang Suka’arsana, mengungkapkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada Usakti juga dapat dilihat antara lain dengan banyaknya kunjungan instansi, perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri untuk berbagai kepentingan.

“Kunjungan tersebut antara lain kunjungan biasa, pameran, kerja sama, pemberian beasiswa, kunjungan untuk kepentingan fakultas, program studi dan universitas,” katanya,

JAKARTA - Rektor Universitas Trisakti (Usakti), Thoby Muthis mengatakan perubahan di berbagai sektor semakin cepat dalam era globalisasi sekarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News