Hadapi Seribu Kecemasan, BW Sodorkan Sejuta Harapan

Hadapi Seribu Kecemasan, BW Sodorkan Sejuta Harapan
Hadapi Seribu Kecemasan, BW Sodorkan Sejuta Harapan
JAKARTA - Kandidat pimpinan KPK, Bambang Widjojanto, menyajikan bahasa puitis saat menyampaikan pembuka sebelum menjalani fit and proper test di Komisi III DPR. Pegiat antikorupsi yang dikenal dengan inisial BW itu menyatakan, inti dalam pemberantasan korupsi adalah kemauan bukan kemampuan. Kata kuncinya adalah mau atau tidak, bukan bisa atau tidak.

"Ada seribu kecemasan dalam pemberantasan korupsi, tetapi ada sejuta harapan kalau kita mau," katanya di hadapan Komisi III DPR, Rabu (24/11) malam. Menurut Bambang, dalam pemberantasan korupsi, perlu ada integrasi antara penindakan, pencegahan dan partisipasi publik.

Jika hanya penindakan yang ditonjolkan, dia berpendapat jumlah penegak hukum tidak akan mampu untuk menangani kasus-kasus yang ada. "Belum lagi undang-undang yang selalu ketinggalan dengan modus operandi dan kecanggihan pelaku korupsi," katanya.

Upaya penindakan lanjutnya, juga harus dibarengi dengan pencegahan. Sedangkan inti dari pencegahan adalah meminimalisasi potensi korupsi.

JAKARTA - Kandidat pimpinan KPK, Bambang Widjojanto, menyajikan bahasa puitis saat menyampaikan pembuka sebelum menjalani fit and proper test di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News