Hampir Jadi Dinasti Politik Terlama, Untung Ada KPK

Hampir Jadi Dinasti Politik Terlama, Untung Ada KPK
Itoch Tochija saat masih jadi wali kota Cimahi bersama sang istri Atty Suharti. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ambisi mantan Wali Kota Itoch Tochija membangun dinasti politik berumur puluhan tahun di Kota Cimahi terancam gagal. 

Pasalnya, sang istri yang meneruskan jabatannya sebagai wali kota, Atty Suharti ditangkap KPK karena menerima suap dan kini mendekam di tahanan.

Pengamat pemerintahan Universitas Maranatha Asep Warlan mengatakan, dinasti politik Itoch di Cimahi memang sudah disiapkan untuk waktu yang lama.

Setelah politikus Golkar itu lengser, giliran Atty yang naik. Jika Atty kembali menang di Pilkada mendatang, maka dinasti politik Itoch akan berkuasa selama 20 tahun.

"Jika itu terjadi maka sudah resmi politik dinasti ini merupakan politik yang paling lama," ujar Asep kepada Bandung Ekspress, Senin (5/12).

Asep bahkan memprediksi, jika semuanya lancar, dinasti politik Itoch bisa berlanjut setelah Atty menyelesaikan dua periode massa jabatan. 

Pasalnya, setelah itu ada anak mereka, Indra Sukmana yang bisa naik melanjutkan kekuasaan.

”Setelah bapaknya sudah menjadi pemimpin, dan ibunya dalam beberapa kurun waktu, bisa saja anaknya sudah disiapkan,” jelasnya.

JAKARTA - Ambisi mantan Wali Kota Itoch Tochija membangun dinasti politik berumur puluhan tahun di Kota Cimahi terancam gagal.  Pasalnya, sang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News