Hampir Semua Warga Afghanistan Bakal Jatuh Miskin, Perempuan Paling Menderita

Hampir Semua Warga Afghanistan Bakal Jatuh Miskin, Perempuan Paling Menderita
Sohaila Noori, 29, pemilik usaha garmen, berpose di tempat usahanya di Kabul, Afghanistan, 15 Januari 2022. (ANTARA/Reuters/Ali Khara/as)

jpnn.com, KABUL - Di sebuah tempat usaha garmen kecil di Kabul, Afghanistan, wanita pengusaha Sohaila Noori (29 tahun) mengawasi 30 pekerjanya yang sedang menjahit kerudung, gaun dan pakaian bayi.

Beberapa bulan lalu, sebelum milisi Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus, dia mempekerjakan 80 orang, kebanyakan perempuan, di tiga tempat usaha yang berbeda.

"Dulu, kami punya banyak pekerjaan," kata Noori, yang bertekad menjaga usahanya tetap jalan agar bisa mempekerjakan kaum wanita sebanyak mungkin.

"Kami menerima beberapa kontrak, dapat membayar gaji dengan mudah kepada penjahit berpengalaman dan pekerja lain, tapi kini kami tak punya kontrak."

Ketika ekonomi Afghanistan jatuh ke dalam krisis –miliaran dolar bantuan dan cadangan dihentikan dan masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan dasar– pengusaha seperti Noori berjuang agar bisnisnya tetap hidup.

Kondisi diperburuk oleh kebijakan pemerintah Taliban yang membolehkan perempuan bekerja hanya di bidang-bidang tertentu. Akibatnya, banyak wanita yang harus berhenti dari pekerjaannya karena takut dihukum.

Hak-hak perempuan di negara itu, yang diperjuangkan susah payah selama dua dekade terakhir, telah memudar dengan cepat.

Berbagai laporan dari para pembela hak asasi manusia dan organisasi buruh internasional pekan ini menggambarkan buruknya kondisi kaum perempuan dalam mendapatkan pekerjaan dan akses ke ruang publik.

Di sebuah tempat usaha garmen kecil di Kabul, Afghanistan, wanita pengusaha Sohaila Noori (29 tahun) mengawasi 30 pekerjanya yang sedang menjahit kerudung, gaun dan pakaian bayi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News