Haornas dan AG 2018 Momentum Bangun Industri Olahraga

Haornas dan AG 2018 Momentum Bangun Industri Olahraga
Asian Games 2018. Foto: AFP

jpnn.com, TERNATE - Kepala Divisi Keuangan dan Umun Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora Pangestu Adi Widodo berharap Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 dan Asian Games 2018 memacu perkembangan industri olahraga di tanah air.

“Haornas sudah rutin digelar di daerah-daerah secara bergantian. Haornas di Ternate yang berdekatan dengan sukses Asian Games 2018 harus jadi momentum kebangkitan, tidak hanya dari segi prestasi olahraga, tetapi juga adanya kemajuan dari sisi industri olahraga. Bukan hanya di  ibu kota dan kota-kota besar, tetapi juga di semua daerah,” kata Adi saat menghadiri puncak peringatan Haornas 2018 di Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9).

Dia menambahkan, pembangunan dan gairah industri olahraga sangat penting karena bisa menopang pembinaan prestasi.

Selama ini daerah merupakan ujung tombak pembinaan atlet sehingga gairah industri olahraganya juga harus dikembangkan.

Misalnya dengan menghadirkan event-event berskala besar yang dikelola secara profesional.

“Mengembangkan industri olahraga di kota-kota besar memang relatif lebih mudah karena infrastrukturnya cukup mendukung. Namun, pengembangan industri olahraga di daerah-daerah juga sangat potensial karena tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di daerah bisa digandeng untuk membangun sarana olahraga dan mengembangkan industri olahraganya,” tambah Adi.

Puncak peringatan Haornas 2018 di Lapangan Kie Raha, Kota Ternate, dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.

Haornas edisi ke-35 juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran-pameran, seminar, senam lansia, Gala Desa, kirab obor Asian Para Games 2018 dan Sepeda Nusantara yang tengah begulir.

Pangestu Adi Widodo berharap Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 dan Asian Games 2018 memacu perkembangan industri olahraga di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News