JPNN.com

Hapus Keluhan Petani, Pemda Bantaeng Salurkan Klaim AUTP

Jumat, 27 September 2019 – 07:56 WIB Hapus Keluhan Petani, Pemda Bantaeng Salurkan Klaim AUTP - JPNN.com
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANTAENG - Petani di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan sudah tidak mengeluh lantaran gagal panen musim ini. Pasalnya, Pemda Bantaeng menyalurkan klaim asuransi pertanian kepada sejumlah kelompok tani.

Penyerahan Klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTS/K) tersebut dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati Bantaeng.

Dalam kegiatan ini, Juga dilakukan penyerahan Kartu Tani dan bantuan bibit untuk petani.

"Sejak September 2018 petani sudah menerima beberapa bantuan bibit baik melalui dana APBN maupun APBD. Dengan kerja sama ini jika petani di Bantaeng mengalami kerugian, proses klaim bisa dilakukan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng, Rahmania, Rabu (25/9).

Menurut Rahmania, kegiatan ini merupakan bukti bahwa program unggulan di bidang pertanian berjalan dengan semestinya. Berkat asuransi pertanian ini, petani di Bantaeng terlindungi dari gagal panen.

"Program mulai efektif dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Pada awal pelaksanaannya tentu masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, pemerintah daerah akan terus melakukan evaluasi agar program unggulan ini dapat berjalan secara efektif," ungkapnya.

Lebih lanjut dia juga mengimbau kepada dinas terkait untuk terus melakukan penyuluhan kepada para petani. Salah satu masalah yang muncul adalah masih kurangnya petani yang mendaftar pada program ini.

"Saya pikir, jika petani sudah tahu manfaatnya maka akan segera mengikutinya," tambah Rahmania.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...