Haram

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Sabtu, 31 Juli 2021 – 16:58 WIB
Haram
Reza eks NOAH dan Uki Kautsar eks NOAH. Foto: Instagram/uki_kautsar

jpnn.com - Debat mengenai hukum musik haram atau halal ramai lagi setelah mantan personel band Noah, Uki membuat unggahan di dunia maya, dengan menyebut musik haram dan bisa menjadi pintu pembuka maksiat.

Bukan itu saja, Uki, alias Mohammad Kautsar Hikmat juga menyarankan agar industri musik di tanah air ditutup. Unggahan ini kontan mendapat respons ramai dari warganet.

Perdebatan musik haram atau halal bukan debat baru. Debat ini menjadi salah satu perbedaan pendapat yang tajam di kalangan ahli fikih klasik sejak dulu kala.

Para ulama terpecah pendapatnya mengenai hal ini. Tidak ada satu pendapat yang sama mengenai hal ini, dan karena itu masalah ini dikategorikan sebagai khilafiyah atau kontroversial.

Perdebatan ini menjadi viral dan trending topic karena yang melempar isu ini adalah Uki, mantan persolen grup bank Noah, yang pada masa kejayaannya menjadi ikon pop paling dipuja di Indonesia.

Noah bukan sekadar menjadi trend setter musik Indonesia, tetapi sekaligus menjadi trend setter gaya hidup anak muda Indonesia.

Ikon grup Noah adalah vokalis Nazril Ilham alias Ariel, yang gaya hidupnya sangat kontroversial. Sebelum mendirikan Noah, Ariel lebih dulu terkenal dengan grup band Peter Pan. Grup ini kemudian pecah dan Ariel mendirikan Noah.

Gaya hidup Ariel menjadi sorotan terutama karena ia banyak berhubungan bebas dengan banyak wanita. Video hubungan intim Ariel dengan wanita, di antaranya sudah bersuami, beredar luas di masyarakat, sampai akhirnya membawa Ariel masuk penjara.

SPONSORED CONTENT

loading...