Harapan Pada Wakapolri Baru

Harapan Pada Wakapolri Baru
Harapan Pada Wakapolri Baru

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo berharap Wakapolri yang baru Komisaris Jenderal Oegroseno dapat memberi angin segar bagi Polri. Apalagi tantangan Polri dewasa ini cukup berat, baik yang ke luar maupun ke dalam.

"Tantangan ke dalam bagi Polri adalah memulihkan soliditas seluruh jajaran, dari atas hingga ke bawah. Sudah terungkap sejumlah kasus yang menggambarkan terganggunya soliditas Polri," ujar Bambang saat dihubungi, Jumat (2/8).

Sedangkan lanjut dia, tantangan ke luar ditandai dengan prajurit berikut fasilitas Polri di sejumlah daerah menjadi target serangan kelompok-kelompok tertentu. Selain itu, ketertiban umum rusak parah.

"Sangat jelas bahwa amburadulnya ketertiban umum menggambarkan rendahnya apresiasi masyarakat terhadap Polri sebagai penegak hukum. Inilah pekerjaan berat wakapolri maupun calon Kapolri baru," kata politikus Partai Golkar itu.

Menurut Bambang, pimpinan Polri yang kuat, responsif dan tegas akan merefleksikan wibawa Indonesia sebagai negara hukum yang protektif terhadap rakyat dan kepentingan negara. Sebaliknya, Polri yang lamban dan kompromistis akan menurunkan derajat wibawa Indonesia negara hukum.

Karena itu Bambang menjelaskan, tidaklah berlebihan mengatakan calon Kapolri baru idealnya seorang jenderal negarawan yang tahu betul apa yang sedang dihadapi negara dan juga sangat paham tentang masalah internal Polri. "Polri harus solid agar mampu menegakan hukum dan mewujudkan ketertiban umum," pungkasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo berharap Wakapolri yang baru Komisaris Jenderal Oegroseno dapat memberi angin segar bagi Polri.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News