Harga Ayam Ras dan Cabe Rawit Melejit

Harga Ayam Ras dan Cabe Rawit Melejit
Cabai. Ilustrasi Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami lonjakan harga, jelang Natal dan Tahun Baru. Salah satunya, daging ayam ras dan cabe rawit.

Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur (Siskaperbapo) mencatat harga daging ayam ras pada 22 Desember 2018 mencapai Rp 34.715 per kilogram.

Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan pada 10 November 2018 senilai Rp 31.788 per kilogram. Sedangkan harga cabe rawit terkerek tinggi dari Rp 18.068 per kilogram pada 30 November lalu menjadi Rp 32.288 per kilogram pada 22 Desember.

Ketua Harian Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) Sigit Prabowo mengatakan kenaikan harga tersebut masih dibatas normal. Sebab, tidak sampai melonjak hingga Rp 55 ribu seperti pada masa Lebaran.

“Secara stok saat ini memang cukup, ada kenaikan sedikit tetapi tidak banyak. Kalau permintaan akhir tahun seperti ini memang sudah siklus tahunan ada kenaikan sekitar 20 sampai 30 persen,” katanya seperti diberitakan Jawa Pos.

Dia pun memprediksi kenaikan harga ayam akan mencapai puncaknya pada tahun baru nanti menjadi Rp 36 ribu sampai Rp 38 ribu per kilogram di pasar tradisional. Sedangkan harga di supermarket pada periode tersebut hanya akan mencapai Rp 35 ribu sampai 36 ribu saja.

“Tidak akan melonjak sampai Rp 55 ribu per kilogram. Kalau ada kenaikan tidak wajar satgas pangan pasti langsung melakukan operasi pasar,” imbuhnya.

Sedangkan harga ayam hidup di kandang pun menurutnya juga masih dalam batas normal mencapai Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu per kilogram. “Saat ini tidak ada gangguan pasokan. Memang ada yang terkena penyakit tetapi sedikit dan wajar karena barang hidup dan musimnya seperti ini,” terang Sigit.

Jelang Natal dan Tahun Baru, harga beberapa kebutuhan pokok seperti ayam ras dan cabe rawit mengalami kenaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News