Harga CPO Masih Loyo

Harga CPO Masih Loyo
Harga CPO Masih Loyo
JAKARTA - Harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar internasional masih belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Pada April hingga pertengahan Mei 2013, harga CPO hanya bergerak di kisaran USD 825-USD 857,5 per metrik ton. Angka tersebut menurun jika dibandingkan periode Januari hingga Maret yang bisa menyentuh USD 885 per metrik ton.

      

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Fadhil Hasan mengatakan pelemahan harga memicu ekspor CPO dan produk turunannya terus melosot. Volume ekspor pun terus turun dari Januari sebesar 2,05 juta ton menjadi 1,92 juta ton pada Februari, dan 1,7 juta ton serta 1,49 juta ton pada Maret dan April.

"Selain produksi turun, permintaan pasar dunia juga lemah akibat belum pulihnya pertumbuhan ekonomi Eropa dan AS," ungkapnya, Senin (27/5).

      

Fadhil menyatakan, ekspor CPO dan turunannya juga tercatat menurun ke semua negara tujuan, termasuk India yang merupakan kontributor pasar ekspor terbesar. Saat ini volume ekspor CPO dan turunannya ke India mencapai 546 ribu ton atau turun 30 persen dibandingkan awal tahun yang mencapai 778,92 tibu ton.

JAKARTA - Harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar internasional masih belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Pada April hingga pertengahan Mei 2013,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News