Harga TBS Sawit Riau Makin Moncer, Gas Terus!

Harga TBS Sawit Riau Makin Moncer, Gas Terus!
Harga TBS sawit di Riau sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.630,78 per kilogram. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Riau sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.630,78 per kilogram.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan, pada Selasa (7/2).

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS sawit penetapan minggu ke 6 periode 8 sampai 14 Februari 2023 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

“Jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 82,13 per kilogram atau mencapai 3,22% dari harga minggu lalu,” kata Defris kepada JPNN.com Rabu (8/2).

Sehingga, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.630,78 per kilogram.

“Faktor penyebab naiknya harga TBS periode ini karena terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data,” lanjutnya.

Defris menjelaskan bahwa indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedapan yaitu 92,17 persen, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 310,79 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp 410,12 dari minggu lalu.

“Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor kenaikan harga CPO dan Kernel,” jelasnya.

Harga TBS sawit di Riau sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.630,78 per kilogram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News