Harga Turun, BUMN Siap Buyback Saham

Harga Turun, BUMN Siap Buyback Saham
Harga Turun, BUMN Siap Buyback Saham
JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai pasang kuda-kuda menghadapi kemungkinan memburuknya pasar modal akibat turbulensi perekonomian global. BUMN pun siap mengantisipasi anjloknya harga saham dengan strategi buyback atau membeli kembali saham yang ada di pasar.

Deputi Menteri BUMN Bidang Jasa Perbankan Parikesit Suprapto mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkoordinir BUMN untuk menyiapkan strategi untuk menjaga agar harga saham tidak terpuruk. "Kalau harga turun hingga level tertentu, BUMN akan buyback," ujarnya kemarin (11/8).

Sebagaimana diketahui, dalam satu pekan terakhir, harga saham-saham di Indonesia maupun bursa-bursa duni rontok, terseret oleh kekhawatiran investor terhadap kondisi perekonomian AS dan Eropa.

Menurut Parikesit, rencana buyback saham BUMN merupakan program yang terintegrasi dengan bond stabilization fund (BSF) yang dikoordinir oleh Kementerian Keuangan. BSF adalah antisipasi pemerintah untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) jika nilainya anjlok di pasar sekunder. "Jadi, dana BUMN bisa digunakan untuk program BSF maupun buyback saham," katanya.

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai pasang kuda-kuda menghadapi kemungkinan memburuknya pasar modal akibat turbulensi perekonomian global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News