Hari Ini Penentuan Arah Kiblat

Posisi Matahari Tepat di Atas Ka"bah

Hari Ini Penentuan Arah Kiblat
Hari Ini Penentuan Arah Kiblat
JAKARTA - Sore nanti adalah momen yang cukup penting bagi umat Islam di dunia yang ingin memastikan posisi kiblat. Terkait dengan temuan Kementerian Agama (Kemenag) bahwa ada ribuan masjid yang mengalami pergesaran arah kiblat, maka solusi universal dari data astronomis untuk mengukur ulang arah kiblat bisa dilaksanakan hari ini.

    

Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kemenag, H.Nur Khazin mengatakan, berdasarkan data astromis, hari ini  pukul 12.18 Waktu Arab Saudi (WAS) bertepatan dengan pukul 16.18 WIB atau pukul 17.18 WITA matahari melintas tepat di atas Ka"bah. Dengan demikian, bayangan setiap benda akan menuju ke Ka"bah atau berimpit dengan arah Kabah di Mekkah.

    

"Waktu tersebut tepat dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan dan meluruskan arah Kiblat di seluruh wilayah di Indonesia," ungkap Nur Khazin, di Jakarta, Kamis (27/5).

    

Menurut Nur Khazin, pengecekan dan pelurusan arah Kiblat ini dapat dilakukan dengan cara manual. Yakni dengan mendirikan benda tegak lurus diukur menggunakan lot pada pelataran yang rata. Atau bisa menggunakan benda yang berdiri tegak lainnya, seperti tiang, pintu, jendela dan sebagainya.

   

JAKARTA - Sore nanti adalah momen yang cukup penting bagi umat Islam di dunia yang ingin memastikan posisi kiblat. Terkait dengan temuan Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News