Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jangan Lupa Lakukan 3R

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jangan Lupa Lakukan 3R
Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Setiap 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Tahun ini tema utama yang diangkat adalah mengendalikan sampah plastik.

Negara-negara di dunia termasuk Indonesia menabuh genderang gerakan bersama mengatasi sampah yang sulit terurai dan mengancam lingkungan hidup ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan upaya 3R (Reduce, reuse, recycle atau pembatasan, guna ulang, dan daur ulang) patut ditingkatkan demi menjaga alam.

''Hari lingkungan hidup yang bertepatan di bulan Ramadan hendaknya jadi momentum penambah semangat kita, untuk berperilaku adil terhadap lingkungan,'' tegasnya dalam sambutan HLH 2018 di Jakarta, Selasa (5/6).

Dalam sambutan yang juga dibacakan serentak ke unit kerja KLHK di seluruh Indonesia, Menteri Siti mengatakan perlu upaya bersama dan kolaborasi semua pihak, pemerintah/pemda, masyarakat dan dunia usaha untuk mengendalikan sampah plastik.

Komposisi sampah plastik di Indonesia saat ini sekitar 16 % dari total timbulan sampah secara nasional.

Sementara komposisi sampah plastik di kota-kota besar seperti Jakarta, sekitar 17 %.

Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan (packaging) makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya.

Masyarakat Indonesia diingatkan untuk melakukan gerakan bersama mengurangi sampah plastik yang mengancam lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News