Harifin Akui Banyak Hakim Bermoral Rendah

Harifin Akui Banyak Hakim Bermoral Rendah
Harifin Akui Banyak Hakim Bermoral Rendah
BATAM - Ketua Mahkamah Agung Periode 2009-2012, Harifin A Tumpa mengakui persepsi publik terhadap lembaga peradilan di Indonesia memang sangat rendah. Hal ini diakibatkan rendahnya moral para pengadil.

"Masih sangat rendah, mengapa? Karena ada beberapa petugas peradilan seperti hakim mempunyai integritas moral rendah. Di negeri ini, banyak hakim menjual beli perkara, sehingga tidak salah KUHP diplesetkan menjadi Kasih Uang Habis Perkara," ujar Harifin di sela pemberian kuliah perdanan 64 mahasiswa Magister Hukum Akademik Universitas Internasional Batam (UIB) di aula B, Baloi, Sabtu (7/4).

Menurut Harifin, ada beberapa kondisi yang membuat persepsi publik terhadap kinerja hakim dan pejabat peradilan sangat rendah dan tidak percaya. Di antaranya karena ketertutupan informasi dari pejabat peradilan dalam memberikan bantuan dan informasi penyelesaian masalah atau kasus dalam hukum.

"Tidak ada transparansi, sehingga sesuatu yang tidak jujur akan menghasilkan ketidakadilan. Selama masa tugas, saya selalu minta kepada para pekerja peradilan harusnya membuka diri dan tahu diri. Mereka itu bukan pejabat tapi pelayan masyarakat yang ingin mencari penegakan hukum dan keadilan," tegasnya.

BATAM - Ketua Mahkamah Agung Periode 2009-2012, Harifin A Tumpa mengakui persepsi publik terhadap lembaga peradilan di Indonesia memang sangat rendah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News