Hasil Analisis BMKG soal Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

Hasil Analisis BMKG soal Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (24/9). Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (24/9).

Dikutip dari laman resmi BMKG.go.id masyarakat di sejumlah provinsi di Indonesia diminta waspada.

BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir hingga angin kencang dapat terjadi di Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku Utara.

"Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan," tulis BMKG.

Di wilayah DKI Jakarta waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada siang dan sore hari

Kemudian potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga berpotensi melanda Jawa Barat pada sore hingga malam hari.

Adapun potensi itu ada di wilayah Kab/Kota Bogor, Kota Depok, Kab/Kota Bekasi, Karawang, Subang, Kab/Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kab. Bandung Barat, Cimahi, Garut, Majalengka, Sumedang, Kuningan, Tasikmalaya dan Ciamis.

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menyatakan sejumlah wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki awal musim hujan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (24/9).