Hasil Survei: Kepercayaan Publik ke Jokowi Terus Meningkat

Hasil Survei: Kepercayaan Publik ke Jokowi Terus Meningkat
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Paling tidak hal tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) sebagaimana dirilis di kantor CSIS, Jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Menurut peneliti politik dan hubungan internasional CSIS Arya Fernandes, pada survei yang dilakukan 2015 lalu, tingkat kepuasan hanya 50,6 persen. Pada tahun 2016 naik menjadi 66,5 dan kembali naik pada 2017 menjadi 68,3 persen.

“Kepuasan tidak hanya pada satu sektor, namun sejumlah sektor. Pada bidang ekonomi (56,9 persen), hukum (64 persen), maritim (75,5 persen)," ujar Arya.

Selain itu, mayoritas responden atau 70,9 persen kata Arya, menilai kondisi pembangunan Indonesia saat ini lebih baik dibanding lima tahun lalu.

Demikian juga kondisi perekonomian Indonesia saat ini dibanding lima tahun lalu, sebanyak 41,7 persen menyatakan lebih baik. Hanya 35,9 persen yang menyatakan tidak ada perubahan dan 22,1 persen menyatakan buruk.

“Untuk kondisi perekonomian keluarga dibanding lima tahun lalu, 42,2 persen menyatakan tidak ada perubahan. Sementara 37,5 persen menyatakan baik dan 20,3 persen menyatakan buruk," kata Arya.

Survei dilakukan pada 23-30 Agustus lalu melalui wawancara tatap muka dengan jumlah responden seribu orang, yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3.1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(gir/jpnn)


Hasil survei CSIS merilis tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus meningkat dalam tiga tahun terakhir


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News