Hasto Sudah Mau Blak-blakan, Sebaiknya Bawaslu Cekatan

Hasto Sudah Mau Blak-blakan, Sebaiknya Bawaslu Cekatan
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama calon legislatif (caleg) untuk DPRD Kota Tangerang Selatan Putri Ayu Anisa saat jumpa pers dalam rangka Hari Ibu di Jakarta, Sabtu (22/12). Foto: Publicist DPP PDIP for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dosen ilmu politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Firman Manan mengharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertindak cekatan dengan memeriksa Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menjadi terlapor dugaan fitnah terhadap kubu Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno. Menurut Firman, sikap Hasto yang secara terbuka siap meladeni pelapor demi buka-bukaan soal biang fitnah patut diapresiasi.

Firman mengatakan, selama ini pihak yang menjadi terlapor biasanya justru berupaya berkelit. Sedangkan Hasto, katanya, justru menunjukkan komitmen untuk mematuhi pranata pemilu.

"Apresiasi patut diberikan karena dalam beberapa kasus dugaan pelanggaran pemilu, pihak-pihak yang diundang oleh Bawaslu seringkali mencari-cari alasan untuk tidak memberikan keterangan," kata Firman Manan, Sabtu (29/12).

Sebelumnya Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) melaporkan Hasto ke Bawaslu. TAIB menuding Hasto telah memfitnah kubu Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno.

Ada pernyataan Hasto yang dipersoalkan TAIB. Yakni soal capres yang selalu menebar fitnah dan marah-marah.

Namun, Hasto yang menjadi terlapor justru ingin cepat-cepat memberikan keterangan kepada Bawaslu. Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf AMin (TKN Jokowi - Ma’ruf) itu ngebet membeber fakta tentang pihak yang selama ini menjadi sumber dan penebar fitnah politik.

Firman menambahkan, selama ini banyak fitnah dan hoaks yang beredar di publik. Dalam catatannya, pihak yang paling sering disasar fitnah dan hoaks justru Jokowi - Ma’ruf.

“Realita menunjukkan bahwa konten-konten kampanye hitam tersebut lebih banyak mengarah pada pasangan Jokowi -Ma’ruf Amin," kata Firman.

Pengamat politik dari Unpad Firman Manan mengharapkan Bawaslu segera memeriksa Hasto Kristiyanto yang menjadi terlapor kasus dugaan fitnah terhadap Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News