Hayono Isman Incar Posisi Ketua DPR

Hayono Isman Incar Posisi Ketua DPR
Hayono Isman Incar Posisi Ketua DPR
JAKARTA - Kursi ketua DPR menjadi hak Partai Demokrat sebagai peraih kursi terbanyak dalam pemilu legislatif. Sejumlah nama kader partai itu yang akan menempati pucuk pimpinan di Senayan pun mulai beredar. Setidaknya, ada delapan nama yang berpotensi. Mereka adalah Sekjen DPP Partai Demokrat Marzuki Alie (dapil DKI III), Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR periode 2004?2009 Syarief Hasan (Jabar III), Ketua Bapilu Mayjen TNI (pur) Yahya Sacawiria (dapil Jabar XI), dan Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum (dapil Jatim VI).

 

Ada juga Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik (dapil Bali), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Taufiq Effendi (dapil Kalsel I), Ketua Komisi II DPR periode 2004?2009 E.E. Mangindaan (dapil Sulut), dan Ketua DPP Partai Demokrat Mohammad Jafar Hafsah (dapil Sulsel II).

 

Lantas, siapa yang paling masuk hitungan? "Semua pasti akan dipertimbangkan. Ini yang sekarang tengah dibicarakan di internal kami," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok kepada Jawa Pos di Jakarta kemarin (24/7).

Meski begitu, dari kabar yang berkembang, ada tiga alternatif nama yang sudah mulai menguat. Mereka adalah Hayono Isman, Marzuki Alie, dan Anas Urbaningrum.

 

Sewaktu dikonfirmasi, Anas enggan berkomentar banyak. Menurut dia, penentuan siapa yang diamanati jabatan ketua DPR merupakan wilayah DPP Partai Demokrat. Setiap kader yang baik, imbuhnya, harus mematuhi garis kebijakan partainya."Saya percaya Ketua Dewan Pembina (SBY, Red) dan Ketua Umum (Hadi Utomo, Red) akan menetapkan yang paling tepat," kata mantan Ketum PB HMI itu. "Yang pasti, Partai Demokrat tidak kesulitan stok," tegasnya.

JAKARTA - Kursi ketua DPR menjadi hak Partai Demokrat sebagai peraih kursi terbanyak dalam pemilu legislatif. Sejumlah nama kader partai itu yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News