HEBAT! Indonesia Memenangi Pertarungan

HEBAT! Indonesia Memenangi Pertarungan
Suasana Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (1/10). FOTO: Dok.Dispen Koarmatim

UPAYA mengganti ideologi Pancasila oleh beberapa kelompok terbukti gagal. Salah satunya gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Partai ini diduga kuat sebagai otak pembunuhan para jenderal yang dikenang sebagai Pahlawan Revolusi.

Pembunuhan dan pengorbanan jiwa dan raga para jenderal termasuk rakyat yang tidak tercatat dalam sejarah, tidak membuat ideologi Pancasila tergerus. Peristiwa tragis yang terjadi pada 30 September 1965 itu justru jadi momentum kebangkitan sekaligus menjadikan Pancasila Makin Sakti. Bagaimana suasana Peringatan Hari Kesaktian Pancasila hari ini?

FRIEDERICH BATARI - JAKARTA (JPNN.com)

Suasana sedih dan haru tentu saja menyelimuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Terutama para tokoh bangsa baik sipil maupun militer yang masih hidup saat ini dan terlibat langsung dalam perang ideologi 51 tahun silam (1965-2016).

Untuk generasi muda yang lahir setelah peristiwa 1965, boleh jadi cara memaknai Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan para tokoh yang menyaksikan peristiwa itu. Karena generasi muda saat ini hanya mengetahui lewat teks sejarah sehingga situasi dan konteks saat itu, tidak terpatri dalam dirinya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2016), berlangsung di seluruh pelosok Tanah Air. Baik institusi militer dan pemerintah pusat maupun daerah ikut memperingati. Salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur.

HEBAT! Indonesia Memenangi Pertarungan

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mako Lantamal III. FOTO: Dok. Dispen Lantamal III

UPAYA mengganti ideologi Pancasila oleh beberapa kelompok terbukti gagal. Salah satunya gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Partai ini diduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News