Hidayat MPR: Pemimpin Tidak Bisa Muncul Tiba-Tiba Tetapi…

Hidayat MPR: Pemimpin Tidak Bisa Muncul Tiba-Tiba Tetapi…
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) saat menerima 12 Santri Kubik Tahfizh Leadership di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Kompleks MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (23/10). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan kepemimpinan atau pemimpin itu tidak bisa datang atau terbentuk secara tiba-tiba tetapi harus melalui proses kaderisasi. Proses yang ada dimulai sejak anak-anak, sekolah, organisasi, dan kursus-kursus seperti Tahfizh Leadership.

“Untuk itu perlu memaksimalkan kaderisasi dalam organisasi kalian,” kata HNW saat menerima 12 Santri Kubik Tahfizh Leadership di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (23/10).

Lebih lanjut, HNW mengatakan manusia tak bisa hidup sendiri. Untuk itu, mereka menjalin silaturahmi, pertautan dengan berbagai pihak termasuk dalam dunia internasional. Bergaul dengan beragam orang yang latarnya berbeda akan menjadi bagus bila dibiasakan.

Dengan pergaulan dalam keberagaman, menurut HNW kita akan mengetahui karakter masing-masing orang. Sehingga dari sinilah kita yang akan menjadi pemimpin bisa memahami orang yang dipimpin.

HNW juga mengatakan globalisasi merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Dalam globalisasi, dunia seolah menjadi tanpa batas. Oleh karena itu, harus menguasai bahasa-bahasa internasional.

HNW dalam kesempatan tersebut merasa bangga sebab himpunan anak muda dari berbagai latar dan daerah itu cinta Alquran dan menjadikan kitab suci umat Islam sebagai pedoman dalam kehidupan dan kepemimpinan.

Tahfizh Leadership, menurut salah satu santrinya, Achmad Jamalulael, tidak sekadar wadah untuk menghafal Alquran namun juga sarana bagi mereka untuk melatih kepemimpinan. Mereka di sana dididik selama delapan bulan.

“Selepas proses pengkaderan di sini, kami harapkan anggota bisa membuka cabang di daerah masing-masing,” tuturnya.

Hidayat Nur Wahid mengatakan kepemimpinan atau pemimpin itu tidak bisa datang atau terbentuk secara tiba-tiba tetapi harus melalui proses kaderisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News