Hindari Hal ini Jika tak Ingin Otak Menua

Hindari Hal ini Jika tak Ingin Otak Menua
Ilustrasi depresi. Foto: AFP

jpnn.com - Depresi merupakan kondisi di mana Anda mengalami pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari suatu individu yang mengakibatkan gangguan aktivitas sehari-hari.

Belum jelas penyebab pastinya, namun depresi bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti beban pikiran sehari-hari.

Depresi memiliki dampak signifikan pada tubuh, bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dari Newsweek, kondisi ini dikaitkan dengan penuaan otak yang lebih cepat.

Guna memahami kondisi tersebut lebih lanjut, peneliti memeriksa lebih dari 71 ribu peserta. Para partisipan yang terlibat dalam penelitian ini didiagnosis ada yang mengalami depresi klinis, ada pula yang mengalami gejala penurunan mood.

Pemeriksaan kondisi depresi dengan penuaan otak dirasa penting karena pada dasarnya, penyakit mental ini menjadi momok menakutkan bagi orang berusia 15 hingga 44 tahun.
Bagaimana hasil penelitian tersebut?

Korelasi antara depresi dan penuaan otak

Tim peneliti mencari hubungan antara depresi dan gejala penurunan kognitif pada orang dewasa dan mereka yang berumur lebih tua. Kondisi tersebut termasuk kehilangan ingatan, melemahnya kemampuan pembuatan keputusan dan lambat dalam memproses informasi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine, menunjukkan bahwa depresi berkaitan dengan penurunan kemampuan kognitif yang lebih besar ketika peserta bertambah tua. Kondisi tersebut jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami hal tersebut.

Tingkat dan pengidap penurunan kemampuan kognitif serta demensia diperkirakan akan terus bertambah dalam 30 tahun ke depan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News