HIPPI Perjuangkan Kekhususan Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi Nasional

HIPPI Perjuangkan Kekhususan Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi Nasional
Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali (kedua kiri), Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta 2016-2021 Sarman Simanjorang (kedua kanan), di sela Musda IX DPD HIPPI DKI Jakarta di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) DKI Jakarta IX mengusulkan untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat ekonomi di Indonesia setelah ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur.

"Memang sengaja kita angkat tema 'Mewujudkan Jakarta Sebagai Kota Bisnis dan Ekonomi Nasional pasca Perpindahan IKN', karena kita semua berharap kekhususan Jakarta tetap ada karena selama ini Jakarta sebagai ibu kota juga menyandang gelar lain sebagai pusat bisnis, perdagangan, perputaran uang, pariwisata dan sebagainya," kata Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta 2016-2021 Sarman Simanjorang di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu.

Dengan membawa semangat tersebut, kata Sarman, pihaknya berharap nanti dalam proses penyempurnaan undang-undang dalam kekhususan Jakarta HIPPI bisa memberi kontribusi dan pokok pikiran agar undang-undang kekhususan Jakarta itu ketika direvisi ikut mencantumkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis nasional.

"Itu menjadi harapan kita sebagaimana kita lihat di berbagai negara, ada pusat pemerintah bisnis dan ekonomi seperti di Amerika Serikat pusat pemerintahannya Washington DC, tapi pusat bisnisnya di New York. Kita harapkan ibu kota NKRI adalah di IKN, tapi pusat bisnisnya di Jakarta.

Terlebih, kata Sarman Jakarta telah memiliki infrastruktur yang siap karena sudah hampir 99 persen kantor korporasi besar sudah berlokasi di Jakarta, sehingga jika harus pindah berpotensi menciptakan biaya yang tidak sedikit.

"Jadi biarlah ibu kota tetap pindah, tapi pusat ekonomi dan bisnis tetap di Jakarta. Itu menjadi harapan kita," ucapnya.

Dalam acara tersebut, HIPPI DKI Jakarta juga mengagendakan memilih pemimpin baru di mana saat ini terdapat nama Uchi Hardiman sebagai calon yang kemudian akan dipilih oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIPPI DKI dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Kandidat Ketua HIPPI DKI Jakarta yang sudah mencuat adalah ibu Uchi Hardiman. Sejauh ini beliau memperoleh dukung maksimal. Beliau sepertinya akan dapat terpilih secara aklamasi," ucapnya.

HIPPI DKI Jakarta IX mengusulkan untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat ekonomi di Indonesia setelah ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News