Kamis, 23 Mei 2019 – 01:56 WIB

HMI: Hentikan Kegaduhan Politik People Power

Selasa, 14 Mei 2019 – 17:39 WIB
HMI: Hentikan Kegaduhan Politik People Power - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Respiratori Saddam Al Jihad menyerukan agar kegaduhan politik people power yang dihembuskan segelintir pihak dihentikan.

Menurutnya, ada gerakan yang diduga dirancang secara terstruktur dan masif untuk mempolitisasi makna people power.

"Seharusnya segala bentuk arus demokrasi, baik permasalahan pemilu diselesaikan dalam mekanisme yang taat konstitusi. Bukan melakukan kegaduhan politik people power di tengah optimisme pemuda dalam menyambut kegembiraan demokrasi," kata Saddam dalam pesan elektroniknya, Selasa (14/5).

BACA JUGA: Ketua DPR: Jangan Buat Rakyat Ketakutan Dengan People Power, Tidak Mendidik

Saddam menekankan, pemuda hari ini berada dalam gerbang demokrasi yang optimistis dalam membangun bangsa dan negara. Bukan dalam konstruksi memecah belah dan mengadu setiap anak bangsa. Sehingga untuk gerakan yang menimbulkan kegaduhan harus ditolak.

"Setiap permasalahan dalam ruang demokrasi lebih baik diselesaikan secara mekanisme hukum yang berlaku," tutur Saddam.

Menurut dia, wacana people power dalam konteks sebenarnya adalah seperti di penghujung pemerintahan orde baru di mana terjadi krisis ekonomi, dan tindakan represif.

Kalau sekarang terjadi karena dampak hasil pemilu, ini yang menyebabkan makna people power sudah terpolitisasi dan berpotensi menimbulkan kegaduhan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar