HNW Sebut KH Ahmad Sanusi Sosok Teladan Merawat Kebangsaan dan Persatuan Umat

HNW Sebut KH Ahmad Sanusi Sosok Teladan Merawat Kebangsaan dan Persatuan Umat
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengingatkan pentingnya merawat dan menjaga persatuan di kalangan umat Islam.

Upaya tersebut wujud kontribusi menjaga persatuan antara sesama anak bangsa dari sejumlah provokasi yang hendak merusaknya.

“Terutama upaya mereka yang hendak memecah persatuan umat dengan cara mendiskreditkan umat beragama, baik dengan memberikan stigma tidak Pancasilais dan radikal, perlakuan yang tidak adil kepada tokoh agama, bahkan sampai menistakan agama," kata HNW di acara Training Intisab PD Persatuan Ummat Islam (PUI) Jakarta Selatan, Rabu (15/9).

HNW menegaskan, cara-cara yang dicontohkan tersebut merupakan provokasi yang hendak melemahkan persatuan antara sesama anak bangsa.

"Bulan September seperti sekarang ini, kita diingatkan dengan Jenderal Besar A.H. Nasution yang menyampaikan bahwa PKI memakai cara adu domba antara Pancasila dengan Islam untuk merusak persatuan bangsa," ujarnya.

Anggota DPR dari Dapil DKI Jakarta II itu menilai tepat langkah Pimpinan PUI yang menyegarkan ingatan sejarah dan komitmen keharusan menguatkan persatuan umat dan bangsa dari upaya-upaya provokasi dan adu domba serupa.

HNW juga menekankan peran penting yang diemban PUI dalam melanjutkan sejarah persatuan umat dan bangsa yang telah diteladani pendiri PUI, seperti KH Abdul Halim, KH Ahmad Sanusi, dan Mr. R. Syamsudin.

"Ketiganya bukan hanya sebagai pendiri PUI, tetap merupakan founding fathers republik ini dengan berkiprah aktif di BPUPK," jelasnya.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mendukung penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk KH Ahmad Sanusi.