Hugo Chavez, Yang Dipuji Yang Dibenci

Hugo Chavez, Yang Dipuji Yang Dibenci
Hugo Chavez. Foto: Getty Images
HUGO Chavez  lahir di barat daya Venezuela pada tanggal 28 Juli 1954. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan Chavez lahir sebagai anak ketiga dari tujuh bersaudara.

Sebagai pemuda, terdaftar di akademi Militer Venezuela dan mencapai pangkat letnan pada tahun 1975. Ia bergabung dengan korps angkatan udara dan naik pangkat menjadi seorang letnan kolonel.

Langkah pertamanya di dunia politik ketika ia mendirikan Gerakan Bolivarian Revolusioner, atau MBR-200, pada tahun 1982. Satu dekade kemudian, pada tanggal 4 Februari 1992, ia memimpin pemberontakan militer yang gagal terhadap Presiden Carlos Andres Perez. Saat itu dia muncul pertama kali dengan pernyataannya yang mengejutkan dunia.

"Saudara sebangsa, sayangnya tujuan kita tidak tercapai di Ibukota," katanya kala itu. "Artinya, kita di sini di Caracas tidak berhasil memperoleh kekuasaan. Tapi anda dapat melakukannya dengan sangat baik di luar sana,. Tapi sekarang saatnya untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut," tambahnya.

HUGO Chavez  lahir di barat daya Venezuela pada tanggal 28 Juli 1954. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan Chavez lahir sebagai anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News