Hujan Deras, 10 Desa di Bengkulu Tengah Terendam Banjir, Begini Kondisinya

Hujan Deras, 10 Desa di Bengkulu Tengah Terendam Banjir, Begini Kondisinya
Kondisi banjir di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Selasa (19/10/2021) yang merendam permukiman warga di 10 desa. FOTO: ANTARA/Helti Marini Sipayung

jpnn.com, BENGKULU - Permukiman warga di 10 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan deras sejak Senin (18/10) malam hingga Selasa (19/10) subuh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah, Samsul Bahri di Bengkulu mengatakan hujan yang turun dengan intensitas tinggi juga mengakibatkan tanah longsor dan air meluap ke jembatan.

"Hujan lebat yang memicu luapan air Sungai Bengkulu naik dan merendam rumah warga serta menyebabkan tanah longsor," katanya.

Ia menambahkan bahwa saat ini BPBD, TNI Polri, PMI melakukan identifikasi bencana banjir serta mendata korban untuk melakukan koordinasi lanjutan.

Wilayah desa yang terkena banjir antara lain Desa Taba Mutung Kecamatan Karang Tinggi, Desa Jambu Kecamatan Merigi Kelindang, Desa Kelindang Kecamatan Merigi Kelindang, Desa Penum Kecamatan Merigi Kelindang, Desa Abu Sakim Kecamatan Pondok Kelapa.

Selanjutnya, kata Samsul Bahri, Desa Kancing Kecamatan Karang Tinggi, Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa, perbatasan Desa Kancing dan Desa Taba Mutung Kecamatan Karang Tinggi, Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi dan Desa Pulau Panggung KecamatanTalang Empat.

Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa, Muslih mengatakan bahwa air berasal dari luapan sejumlah aliran sungai yang mulai masuk ke pemukiman sekira pukul 20.59 WIB.

Ia mengatakan perangkat desa bersama anggota TNI Polri sudah ke lokasi untuk membantu warga yang kesulitan menyelamatkan diri dan barang berharga mereka ke tempat yang aman.

Permukiman warga di 10 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan deras sejak Senin (18/10) malam hingga Selasa (19/10) subuh.