JPNN.com

Human Initiative Bangun Pipanisasi Air Bersih untuk Desa Terdampak Banjir Bandang di Lebak

Kamis, 06 Februari 2020 – 11:41 WIB
Human Initiative Bangun Pipanisasi Air Bersih untuk Desa Terdampak Banjir Bandang di Lebak - JPNN.com
Human Initiative melakukan survei guna membangun pipanisasi air bersih di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Lebak, Banten yang terdampak banjir bandang dan longsor. Foto: Human Initiative

jpnn.com, LEBAK - Human Initiative akan membangun pipanisasi air bersih sepanjang 1 Kilometer di RT 006/RW 02, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Adapun Kampung Muhara, Desa Ciladaeun tersebut merupakan salah satu Kampung yang terisolasi akibat banjir bandang dan longsor yang terjadi pada Rabu (1/1) selama hampir dua pekan.

Menurut informasi dari Tim Rescue Human Initiative, Subur Rojinawi pihaknya berhasil masuk ke Desa Ciladaeun pada hari ke-13 karena kondisi wilayah yang lumayan terjal, perbukitan, sulit diakses akibat tanah longsor yang menutupi jalan raya.

“Setelah melakukan berbagai upaya, berkoordinasi dengan relawan setempat, mengajak warga turut membersihkan puing tanah longsor dari jalan raya,” kata Subur dalam keterangan persnya, Kamis (6/2).

Setelah  tim berhasil masuk ke Kampung tersebut, Subur Rojinawi bersama para relawan bergegas memberi bantuan berupa paket makanan dan sekaligus mengkaji kebutuhan warga, di antaranya  kebutuhan yang berhasil didapat yakni hunian sementara dan air bersih untuk minum dan mandi.

Ketua RT 006/RW 02, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Anwar mengatakan saat ini warga membutuhkan air bersih untuk kebutuhan minum dan mandi yang akan menjangkau 62 KK atau sekitar 480 jiwa.

Pada saat yang bersamaan, Anwar menambahkan titik sumber air bersih dari pemukiman warga lumayan jauh sekitar 1 kilometer jaraknya. Untuk memastikan hal tersebut, Tim Human Initiative bersama Anwar dan warga turut mengecek ke titik sumber air yang dimaksud. Kondisi wilayah yang menanjak terjal dan perbukitan tidak menyurutkan langkah mereka.

Kegiatan survei dan wawancara di lokasi titik sumber air yang telah berhasil ditemukan, Subur optimistis Human Initiative bersama mitra akan membangun pipanisasi air bersih untuk Kampung Muhara, Desa Ciladaeun ini.

“Human Initiative terus berupaya melakukan respons terhadap warga terdampak banjir bandang dan longsor. Human Initiative mengajak semua pihak untuk bersama-sama meringankan beban mereka yang membutuhkan,” kata Subur.(fri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...