Hutan di Lereng Gunung Lawu Terbakar, Dilarang Lewat Jalur Pendakian

Hutan di Lereng Gunung Lawu Terbakar, Dilarang Lewat Jalur Pendakian
Hutan di Gunung Lawu sisi timur terbakar sejak Jumat siang dan belum diketahui penyebabnya. Foto : Antara /Siswowidodo/zk

jpnn.com, JAKARTA - Hutan di lereng Gunung Lawu sisi wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur terbakar dan hingga Sabtu siang ini belum bisa dipadamkan.

Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto mengatakan kebakaran hutan itu terpantau sejak hari Jumat (15/11/2019) siang.

Kepulan asap terlihat semakin membesar dan meluas akibat kencanganya tiupan angin di wilayah setempat.

"Data BKPH Lawu Selatan mencatat yang terbakar merupakan bagian bawah hutan pinus di petak 57 RPH Bedagung masuk wilayah Kecamatan Panekan, Magetan," ujar Marwoto di Magetan, Sabtu.

Sejak mendapat laporan karhutla pada Jumat siang kemarin, petugas gabungan langsung mendatangi lokasi dan hingga kini masih melakukan upaya pemadaman.

Personel tersebut merupakan gabungan dari petugas KPH Lawu Ds, BPBD Magetan, TNI, dan Polri setempat. Para petugas juga dibantu oleh tim relawan dan warga desa setempat.

Sejak sore kemarin, jalur pendakian di Gunung Lawu kembali resmi ditutup. Tidak boleh ada yang mendaki di masa-masa rentan kebakaran hutan seperti ini.

Sebelumnya jalur pendakian sudah dibuka kembali sejak sepekan terakhir setelah pada awal November lalu ditutup akibat cuaca buruk.

Jalur untuk mendaki di Gunung Lawu kembali resmi ditutup sejak Jumat sore kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News