Peringatan 4 Tahun Lumpur Lapindo

Ical Sasaran Emosi Warga

Minggu, 30 Mei 2010 – 06:32 WIB
Ical Sasaran Emosi Warga - JPNN.com
Ical Sasaran Emosi Warga
SIDOARJO - Peringatan empat tahun semburan lumpur Lapindo tahun ini berlangsung di tanggul kolam lumpur Siring. Berbagai agenda digelar, seperti orasi, teatrikal, hingga pelemparan gambar Aburizal Bakrie oleh warga.

Acara itu dimulai sekitar pukul 09.00. Warga dari berbagai desa yang menjadi korban lumpur turut hadir. Mereka juga membawa spanduk yang bertulis tuntutan penyelesaian jual beli atas tanah dan bangunannya. Yakni, penyelesaian dengan skema 20 persen : 80 persen.

Aksi diawali dengan teatrikal yang dipersembahkan Komunitas Taring Padi. Teatrikal itu menampilkan pengorbanan korban lumpur untuk mendapatkan haknya. Yaitu, pembayaran atas lahan dan bangunan yang lenyap karena lumpur. Teatrikal itu mengingatkan kenangan dan perjuangan warga yang belum tuntas sejak empat tahun lalu.

Seusai menyaksikan teatrikal, ratusan warga pawai menaiki tanggul. Mereka berjalan sambil membawa replika Aburizal Bakrie alias Ical. Poster itu merupakan simbol seseorang yang memicu terjadinya semburan lumpur.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...