Ide Erick Thohir Bantu UMKM Jabar Naik Kelas dapat Sambutan Baik

Ide Erick Thohir Bantu UMKM Jabar Naik Kelas dapat Sambutan Baik
Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen meningkatkan peran BUMN dalam meningkatkan UMKM saat mengunjungi kediaman sesepuh Jawa Barat (Jabar), HD Sutisno. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Maman Setiawan, S.E.,M.T. menilai rencana Menteri Erick untuk meningkatkan peran BUMN dalam membantu UMKM di provinsi Jabar sangat positif.

Sebab, salah satu peran BUMN adalah untuk membantu negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ide pak Erick untuk membantu BUMN di Jabar sangat baik. Intinya BUMN bisa memiliki peran lebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,"ungkap Maman.

Menurutnya, kemitraan dengan BUMN dengan UMKM bisa dilakukan lewat program CSR maupun melalui pelatihan, pendanaan, dan akses kepada UMKM ke BUMN.

Maman menilai bank yang tergambung dalam HIMBARA juga sudah memberikan perhatiannya kepada UMKM di Jabar.

Skema kerja sama juga bisa dilakukan antara BUMN dengan BUMD di Jabar dengan memberikan transfer keahlian yang dimilikinya.

"Diharapkan dengan adanta transfer ilmu pengetahuan dari BUMN akan membuat BUMD di Jabar menjadi lebih maju," bebernya.

Kendati demikian, selama keberpihakan BUMN ke UMKM dan BUMD tidak dimonopoli oleh salah pihak sehingga menyalahi persaingan usaha yang sehat.

Guru Besar Universitas Padjadjaran Prof. Maman Setiawan menilai rencana Erick untuk meningkatkan peran BUMN untuk UMKM sangat positif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News