Ideologi Bukan Penyebab Ormas Anarkis

Ideologi Bukan Penyebab Ormas Anarkis
Ideologi Bukan Penyebab Ormas Anarkis
JAKARTA - Sosiolog Tamrin Amal Tamagola menyatakan bahwa aksi kekerasan oleh kelompok ormas, bukan karena faktor ideologis. Menurutnya, persoalan kesenjangan ekonomi dan ketidakadilan justru menjadi masalah utama.

Hal itu disampaikan Tamrin saat hadir sebagai pembicara pada diskusi bertajuk "Manfaat dan Mudharat Ormas" di Gedung DPD RI, Jumat (17/2). Tamrin menguraikan, di Jakarta saja banyak umat Islam yang miskin. Kebetulan, ada kelompok Habaib yang termasuk dalam kalangan menengah. "Kaum Muslim yang miskin ini meminta saran, nasehat dari kelompok Habaib yang merupakan kelompok menengah. Terciptalah kesatuan yang solid," ucapnya.

Dalam diskusi yang juga dihadiri Juru Bicara FPI, Munarman dan Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik itu Tamrin juga mengatakan, kelompok menengah itu pula yang mengambil keuntungan. "Nha kelompok menengah ini memanfaatkannya ke kelompok bisnis, politisi," ucapnya.

Sayangnya, lanjut Tamrin, persoalan ini diatasi pemerintah dengan pendekatan legal-birokratis. Padahal, akar persoalannya adalah kemiskinan dan ketidakadilan.

JAKARTA - Sosiolog Tamrin Amal Tamagola menyatakan bahwa aksi kekerasan oleh kelompok ormas, bukan karena faktor ideologis. Menurutnya, persoalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News