IDI Soroti Penempatan Dokter Spesialis di Puskesmas

IDI Soroti Penempatan Dokter Spesialis di Puskesmas
IDI Soroti Penempatan Dokter Spesialis di Puskesmas
JAKARTA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai struktur organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah telah menyimpang dari aturan. Sebab, Puskesmas di daerah-daerah tidak hanya dilayani dokter praktik umum tapi juga spesialis.

Padahal di dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, pelayanan kesehatan di Puskesmas hanya untuk layanan primer saja dan ditangani oleh dokter umum. "Kami melihat otda (otonomi daerah) di sektor kesehatan kebablasan. Parahnya, kepala daerah semaunya menempatkan dokter speasialis di Puskesmas. Bahkan kepala Dinas Kesehatan juga diduduki oleh SDM yang tidak tahu menahu soal kesehatan," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Prijo Sidipratomo Sp.Rad kepada JPNN, Sabtu (6/10).

Dia mencontohkan Puskesmas di DKI Jakarta. Oleh Fauzi Bowo semasa menjabat gubernur, Puskesmas justru dijadikan seperti klinik dengan banyak dokter umum maupun spesialis.

"Yang begini inikan merusak sistem namanya. Dokter spesialis sebenarnya tahu aturan ini, tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena kalau bersuara lantang pasti dimutasi atau dicopot jabatannya," kata Prijo.

JAKARTA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai struktur organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah telah menyimpang dari aturan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News