Ika-Unhas: Alumni Harus Dipandang Sebagai Aset

Ika-Unhas: Alumni Harus Dipandang Sebagai Aset
Suasana acara pelantikan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Ika-Unhas) Jabodetabek periode 2019-2023 di Sentul, Bogor, Sabtu (3/8). Foto: Ist

jpnn.com, SENTUL - Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Ika-Unhas) Jabodetabek Muhammad Ismak mengatakan alumni merupakan miniatur dari lembaga yang menghasilkannya. Dalam perkembangannya, ikatan alumni ini sangat penting bagi perguruan tinggi. Oleh karena itu, keberadaan alumni harus dipandang sebagai aset, bukan lagi sebagai tempat berkumpul belaka.

Hal tersebut disampaiakn Muhammad Ismak pada acara pelantikan Ika Unhas Jabodetabek periode 2019-2023 di Sentul, Bogor, Sabtu (3/8).

Menurut Ismak, dalam jangka panjang, peran-peran alumni akan membawa manfaat bagi perguruan tinggi di berbagai hal. "Alumni yang memiliki posisi-posisi penting dan strategis pasti akan memberikan nilai tambah bagi perguruan tinggi," ujarnya.

BACA JUGA: Alumni IPB Perlu Beri Masukan Soal Visi dan Strategi Pembangunan Pertanian

Menurutnya, interaksi sesama alumni akan menghasilkan sesuatu yang kondusif, saling membantu sesama lainnya, dan juga sebagai kontributor baik itu bersifat materiel maupun imateriel bagi alumni baik itu perorangan maupun secara berkelompok.

“Contohnya sesama angkatan dengan rasa cintanya akan bertindak sebagai kontributor baik materil maupun imateril," tutur Ismak.

Lebih lanjut, Ismak mengatakan kontribusi alumni dapat berupa sumbangan pemikiran, saran, kritikan, workshop, pelatihan, bedah buku dan sebagainya. Bahkan juga berupa materiel seperti pemberian benda, sumbangan-sumbangan, dapat berupa kendaraan, berupa buku-buku dan lain sebagainya.

Almamater membutuhkan sumber daya manusia untuk kelanjutan hidupnya, yang pasti akan mencari alumninya sendiri yang akan dijadikan sebagai pengajar.

Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Ika-Unhas) Jabodetabek Muhammad Ismak mengatakan keberadaan alumni harus dipandang sebagai aset, bukan lagi sebagai tempat berkumpul belaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News