Ilmuwan Atom Mengatur Ulang Jam Kiamat, Makin Dekat

Ilmuwan Atom Mengatur Ulang Jam Kiamat, Makin Dekat
Jam dengan Buletin Ilmuwan Atom ditempatkan di depan pengumuman lokasi jarum menit pada Jam Kiamatnya, di National Press Club di Washington, AS, 24 Januari 2023. ANTARA/REUTERS/Leah Millis.

jpnn.com - Para ilmuwan atom kembali mengatur ulang Jam Kiamat pada Selasa (24/1) kemarin, makin dekat hingga tengah malam.

Ilmuwan menggerakkan jarumnya menjadi 90 detik hingga tengah malam--lebih dekat dari sebelumnya, 100 detik.

Jarum jam digerakkan lebih dekat atau lebih jauh dari tengah malam berdasarkan analisis para ilmuwan tentang ancaman terhadap dunia yang mengemuka pada waktu tertentu.

Jam Kiamat adalah penunjuk waktu simbolis yang menunjukkan seberapa dekat dunia akan berakhir. Tengah malam menandai titik teoritis pemusnahan.

Ancaman apokaliptik dapat muncul dari ketegangan politik, senjata, teknologi, perubahan iklim, atau penyakit pandemi.

Bagaimana pengaturan jamnya?

Sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Chicago bernama Buletin Ilmuwan Atom memperbarui waktu setiap tahun berdasarkan informasi mengenai risiko bencana bagi planet dan umat manusia.

Dewan ilmuwan dan pakar lainnya dalam teknologi nuklir dan ilmu iklim, termasuk 13 Pemenang Nobel, mendiskusikan peristiwa dunia dan menentukan di mana harus meletakkan jarum jam setiap tahun.

Para ilmuwan atom kembali mengatur ulang Jam Kiamat pada Selasa (24/1) kemarin, makin dekat hingga tengah malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News