Indonesia Butuh Kepemimpinan yang Tegas

Indonesia Butuh Kepemimpinan yang Tegas
Indonesia Butuh Kepemimpinan yang Tegas
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, menilai masalah mendasar yang dihadapi bangsa ini adalah krisis kepemimpinan. Menurutnya, Indonesia memerlukan kepemimpinan yang tegas agar penegakan hukum dapat berjalan baik.

“Ideologi kita sudah jelas, konstitusi sudah, hukum kita juga sudah jelas dan tegas. Persoalannya adalah bagaimana melaksanakan. Kuncinya di mana? Menurut saya ya leadership tadi,” katanya saat menjadi pembicara dalam Silaturahim Tokoh Nasional bertajuk mengurai problematika bangsa dan solusinya di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (8/10).

Demi kepemimpinan yang tegas, kata Mahfud, dibutuhkan pemimpin yang mampu memberi komando secara menyatu. “Komando menyatu tetapi bukan berarti otoriter. Jangan sampai petunjuknya begini, laksanakan ini, tiba-tiba tidak dilaksanakan,” ujar guru besar Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta itu.

Mahfud menyebut salah satu contoh konkretnya adalah perintah Presiden untuk mengungkap kasus penganiayaan seorang aktivis. Sampai sekarang, katanya, pelaku penganiayaan tak kunjung terungkap. “Perintahnya jelas, tetapi tidak ketemu. Sementara teror yang sangat jauh di sana ketemu. Masa’ yang kejadiannya di sini aja tidak ketemu,” kritiknya.

JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, menilai masalah mendasar yang dihadapi bangsa ini adalah krisis kepemimpinan. Menurutnya, Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News