Indonesia dan Norwegia Hasilkan Kerja Sama Perubahan Iklim

Indonesia dan Norwegia Hasilkan Kerja Sama Perubahan Iklim
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, dan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norway, Ola Elvestuen, di Sekretariat Delri COP 24 UNFCCC di Katowice, Polandia. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, POLANDIA - Pertemuan Bilateral Indonesia – Norwegia yang diwakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, dan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norway, Ola Elvestuen, di Sekretariat Delri COP 24 UNFCCC di Katowice, Polandia waktu setempat, telah mencatat keberhasilan dan peningkatan kerja sama dua negara.

Indonesia mendapat dukungan berkelanjutan pemerintah Norwegia terhadap pengendalian perubahan iklim.

Khususnya melalui penerapan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani pada 2010. Saat ini pelaksanaannya di Indonesia dalam tahap persiapan memasuki fase ketiga kerja sama, yaitu pembayaran berdasarkan hasil (result based payment). 

Menteri Siti yang didampingi Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan  Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman, mengatakan Indonesia – Norwegia mencapai persetujuan untuk menindaklanjuti kerja sama Phase ke-3 implementasi yang akan dilaksanakan pada 2019 setelah diselesaikannya isu terkait MRV Protocol, Badan Pengelolaan dana Lingkungan yang diselesaikan kedua belah pihak sebelum Februari 2019. 

“Norwegia sepakat mendukung Inistiatif Indonesia dalam pengembangan Indonesian Tropical Peatland Center (ITPC), dan pengembangan Mangrove Governance," kata Menteri Siti.

Selain itu, Indonesia sedang dalam proses membentuk Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) guna mengelola dana seperti yang dimandatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 46/2017 tentang Instrumen Ekonomi untuk Lingkungan dan Presiden Peraturan No 77/2018 tentang pembentukan Badan Layanan Umum untuk Dana Lingkungan.

"Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini; Kementerian Keuangan sedang dalam proses menyelesaikan peraturan yang merinci badan tersebut," imbuh Menteri Siti.

Dari pertemuan tersebut, Menteri Siti mengatakan  Indonesia – Norwegia sepakat untuk melakukan Joint Evaluation terhadap implementasi Letter of Intent (LOI) untuk berlangsungnya Transparansi dan Akuntabilitas kerjasama Bilateral Indonesia-Norwegia tersebut.

Norwegia sepakat mendukung Inistiatif Indonesia dalam pengembangan Indonesian Tropical Peatland Center

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News