Indonesia Dapat 15 Kendaraan Militer Bushmaster, Kebal dari Ranjau

Indonesia Dapat 15 Kendaraan Militer Bushmaster, Kebal dari Ranjau
Kendaraan milter Bushmaster dengan Remote Control Weapon System. Foto: diambil dari indomiliter

jpnn.com, JAKARTA - Australia menghibahkan 15 unit kendaraan taktis (rantis) lapis baja Bushmaster 4x4 kepada Indonesia.

Rantis produksi Thales Australia itu diberikan untuk mendukung Indonesia dalam menjalankan misi Perdamaian PBB.

Hal itu terungkap saat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas peningkatan kerja sama pertahanan, termasuk industri pertahanan dan pendidikan perwira dengan Menhan Australia Peter Dutton, Kamis (9/9).

"Kami juga mendiskusikan dukungan dan partisipasi Australia dalam operasi pemeliharaan perdamaian. Australia juga telah menyumbangkan (kendaraan) pengangkut personel Bushmaster,” kata Prabowo saat menyampaikan keterangan secara virtual usai pertemuan menlu dan menhan (2+2) Indonesia-Australia di Jakarta.

Prabowo mengatakan dirinya dan Menhan Australia Peter Dutton sedang membahas pengadaan lebih banyak Bushmaster dalam waktu dekat.

Dutton dalam pernyataannya menyebut Australia akan menyediakan 15 unit Bushmaster bagi Indonesia, guna mendukung operasi pemeliharaan perdamaian.

Kendaraan militer beroda empat itu dapat mengangkut hingga sembilan perwira infanteri, berlapis baja, dan dapat memberi perlindungan dari alat peledak maupun tembakan senjata ringan. Bushmaster dapat digunakan untuk berbagai misi.

Bushmaster 4×4 bukan jenis rantis baru di lingkup TNI, terutama di Angkatan Darat.

Kendaraan militer Bushmaster dapat mengangkut hingga 9 perwira infanteri, memberi perlindungan dari alat peledak maupun tembakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News