JPNN.com

Indonesia Kejar Gelar dari ASEANTA 2016

Jumat, 22 Januari 2016 – 20:05 WIB Indonesia Kejar Gelar dari ASEANTA 2016 - JPNN.com
Arief Yahya, menteri Pariwisata/ Dok JPNN

MANILA- Wonderful Indonesia telah berhasil meraih tiga gelar prestisius dari ajang UN-WTO (United Nation-World Tourism Organization) di Madrid, kemarin (21/1). Kini, Indonesia berjuang untuk bersaing dalam ajang ASEAN Tourism Award (ASEANTA), Jumat (22/1) malam ini di Manila. 

Forum ASEANTA ini menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat strategis bagi Indonesia. Pasalnya, pasar ASEAN adalah pasar utama penyumbang jumlah wisman terbesar. 

"Ilmu di pariwisaa itu mirip dengan telco, kedekatan dan akses itu sangat menentukan. Nah, semua negara ASEAN beradu kreasi, bersaing menjadi yang terbaik, untuk menarik wisman negara tetangga. ASEANTA Award ini bisa dijadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia," katanya dari Manila.

Dalam ASEANTA Award 2016, ada enam kategori yang dilombakan. Antara lain Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Marketing and Promotion Campaign, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airline Programe, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort. 

Untuk berpartisipasi dalam kontes di forum resmi ASEANTA ini, masing-masing negara mengusulkan, mengirimkan, dan mempresentasikan karya nyata yang sudah dilakukan dan menjadi unggulan pada 2015 lalu. 

"Kami sudah seleksi, kami sudah kirim dan presentasikan, untuk diadu dengan karya-karya terhebat dari negara tetangga," jelas Menpar Arief Yahya. 

Menurut Arief, Asia Tenggara itu mendapatkan lebih dari 100 juta inbound setahun. 27 juta Wisatawan ke Malaysia, 29 juta ke Thailand, di Singapore ada 15 juta, dan Indonesia 10 juta. 

"Sisanya Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Timor Leste. Tahun 2013 saja sudah 98 juta wisman? Itu pasar yang sangat potensial, dekat secara geografis, akrab secara cultural, aksesnya lebih mudah dan cepat," tandasnya. (dkk/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
aam